2024, Balikpapan Tuan Rumah Rakernas APEKSI XVII

MAKASSAR,- Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas APEKSI) XVI di Kota Makassar resmi ditutup, Kamis (13/07/2023).

Dalam Rakernas APEKSI XVI disepakati Kota Balikpapan terpilih secara aklamasi sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rakernas APEKSI XVII 2024 mendatang.

“Kita sahkan Kota Balikpapan menjadi tuan rumah Rakernas APEKSI 2024,” kata Ketua Umum APEKSI Bima Arya, ketuk palu.

Lebih lanjut, kata Bima Arya, Kota Balikpapan telah menyiapkan diri menjemput momentum 2024, termasuk membahas Ibu Kota Negara (IKN) yang terletak di Kalimantan Timur.

“Kita ingin bersama-sama bertemu kembali sepertinya ada program yang sangat menarik yang akan kita sampaikan nantinya,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Balikpapan Muhaimin menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah Rakernas APEKSI XVII tahun depan.

Apalagi Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan juga telah mempunyai pengalaman sebagai tuan rumah baik dalam skala nasional maupun Internasional.
“Insya Allah kami akan siap menjadi tuan rumah tahun depan,” tegas Sekda Balikpapan Muhaimin.

Sebelumnya, Pemkot Balikpapan memberikan kesempatan kepada kota-kota lain untuk jadi tuan rumah Rakernas APEKSI 2024.

Sebab Desember 2022 lalu, Kota Balikpapan telah menjadi tuan rumah Outlook APEKSI yang dihadiri 98 kota se-Indonesia.

“Tapi dari informasi yang ada belum ada kota yang mengajukan secara resmi menjadi tuan rumah sehingga kami mengajukan diri sebagai tuan rumah Rakernas APEKSI 2024,” ujarnya.

Pelaksanaan Rakernas APEKSI XVI dirangkaikan dengan beragam kegiatan selama lima hari di Kota Makassar, mulai 10-14 Juli 2023.

Kota Makassar sebagai tuan rumah sukses menyelenggarakan Youth City Changers yang dilaksanakan di Tokka Tena Rata 10-11 Juli 2023.

Kegiatan Youth City Changers dihadiri delegasi pemuda Singapura dan 50 kota se-Indonesia. Termasuk menghadirkan tokoh inspiratif seperti Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak.

Rangkaian kegiatan lain, yakni Indonesia City Expo, Karnaval Budaya, dan terakhir Makassar Investment Forum (MIF) yang menghadirkan investor asing dari 10 negara.

MIF 2023 berlangsung di Hotel Claro pada 14 Juli dan memberikan peluang kepada daerah lain di Indonesia, termasuk di Sulawesi Selatan untuk menjajaki kerja sama dengan investor asing. (*)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *